Setup Menus in Admin Panel

9 MOBA Android yang Populer di Playstore​

9 MOBA Android yang Populer di Playstore

MOBA atau Multiplayer Online Battle Arena adalah genre gim yang masih banyak peminat di Android, terbukti dengan masih banyaknya jumlah pemain aktif. Bahkan dengan adanya kejuaraan esport yang diadakan banyak pihak, membuat genre ini seakan tidak bisa lepas dari salah satu genre populer yang ada di Playstore.

Berikut daftar 9 gim bergenre MOBA Android yang populer di Playstore :

1. Arena of Valor

Arena of Valor (AoV) sebelumnya diberi nama Realm of Valor dan Strike of Kings merupakan gim besutan TiMi Studio dan di publish oleh Tencent Games yang dirilis pada 1 Maret 2018 untuk regional Indonesia, Arena of Valor yang berhasil diunduh lebih dari 10 juta pengguna ini dibuat menggunakan Game Engine Unity.
 
Tencent pun kerja sama dengan Garena dalam tim pengembangan gim yang menghasilkan beberapa tampilan karakter yang kebanyakan hasil desain daur ulang dan diubah dari karakter gim Heroes of Newerth, gim MOBA yang Garena akuisisi dari S2 Games. Tidak berhenti sampai situ, Arena of Valor pun berkolaborasi dengan beberapa franchise termasuk crossovers dengan DC universe dan Wiro Sableng.

2. Mobile Legends : Bang Bang

Siapa tidak kenal dengan gim MOBA satu ini ? ya, Mobile Legends yang tembus diunduh oleh lebih dari 100 juta pengguna ini merupakan gim besutan Moonton menggunakan Game Engine Unity rilis pada 14 Juli 2017 pada platform Android.
 
Keunikan yang ada pada mobile legend adalah  karakter yang ada merupakan representasi dari berbagai macam negara seperti : Yi Sun-Shin (Korea Selatan), Lapu lapu (Filipina), Minsitthar (Myanmar), Kadita (Indonesia), Badang (Malaysia). Sama seperti Arena of Valor, Mobile Legends juga melakukan kolaborasi dengan franchise lain dengan crossover dengan Garudayana, yaitu komik seri buatan indonesia dan The King of Fighters sebagai skin dari karakter yang ada di Mobile Legends.

3. MARVEL Super War

Mengikuti tren yang ada terhadap persaingan MOBA, NetEase yang mengangkat karakter – karakter yang ada didalam franchise Marvel untuk dijadikan gim MOBA dengan nama MARVEL Super War, gim yang dibuat dengan Game Engine Unity ini dirilis pada 19 Desember  2019 dan telah berhasil diunduh lebih dari 10 Juta pengguna.
 
 

4. Heroes Arena

Heroes Arena dibuat oleh uCool pada 14 April 2017 menggunakan Game engine Unreal Engine 4 ini telah berhasil diunduh lebih dari 10 Juta pengguna di Android dan menjadi alternatif gim MOBA yang cocok jika kalian ingin menambah pengalaman mencoba gim MOBA sejenis.

5. Extraordinary Ones: 5V5 MOBA

Mengusung tema karakter anime ala Jepang, gim Extraordinary Ones menjadi gim MOBA yang membawa angin segar kedalam tren MOBA. Dipublish oleh NetEase pada awal 2020, Extraordinary Ones berhasil diunduh hingga lebih dari 1 juta pengguna.

6. Onmyoji Arena

Jika Extraordinary Ones mengusung tema anime jepang, Onmyoji Arena mengadaptasi sentuhan jepang dengan latar belakang periode Heian sebagai penggambaran karakternya. gim besutan NetEase ini rilis pada tanggal 27 April 2018 berhasil diunduh lebih dari 5 juta pengguna.

 

Onmyoji Arena merupakan Spin-off dari gim Onmyoji yang bergenre RPG yang telah lebih dulu sukses dipasaran dengan unduhan lebih dari 200 Juta unduhan diseluruh platform yang terdiri dari iOS, Android, Facebook Gameroom dan Steam.

7. Heroes Evolved

Heroes Evolved merupakan gim buatan R2Games yang dirilis tanggal 25 Januari 2017 dengan jumlah unduhan mencapai lebih dari 10 juta pengguna. yang menjadi ciri khas gim ini adalah karena sistem yang diusung mirip gim PC yaitu Dota 2, karena mengklasifikasi hero berdasarkan status (Strength, Agility, Intelligence), sistem 4-Skill hero dan menggunakan sistem Ward.

8. Lokapala

Gim besutan pengembang Indonesia bernama Anantarupa Studios ini dirilis 7 Februari 2020. Lokapala merupakan gim MOBA pertama buatan Indonesia. Lokapala sendiri menyisipkan beberapa fitur unik seperti sistem Mount (Kendaraan), Rune disepanjang sungai yang ada di map dan Neutral monster yang berada di pojok kiri atas dan kanan bawah.

9. Vainglory

Gim Vainglory besutan Super Evil Megacorp merupakan gim MOBA yang cukup veteran mengingat dirilis pada tanggal 2 juli 2015. Dibuat dengan Game Engine E.V.I.L Engine, awalnya Vainglory didesain memiliki sistem seperti MOBA pada PC (League of Legend dan Dota 2) namun versi Smartphone. Itu sebabnya untuk menggerakan karakter, kita tidak menggunakan analog controller melainkan menggunakan sistem tap pada layar.
 
Pada awal perilisan pun gim Vainglory mengusung 3V3, namun setelah banyak mendapat masukan maka ada update sistem 5V5 dan ditambahkannya opsi analog controller sehingga pemain bisa memilih antara tap maupun analog.

(Bonus) League of Legends Wild Rift

League of Legends: Wild Rift merupakan gim MOBA yang akan dirilis tahun 2020 namun dengan tanggal perilisan yang masih belum ditentukan. Riot Games selaku pengembang ingin menghadirkan gim MOBA dengan judul yang sama yaitu League of Legends yang di rilis pada tahun 2009 di platform PC kedalam platform mobile dengan beberapa penyesuaian didalam sistemnya.

9 August 2020

0 responses on "9 MOBA Android yang Populer di Playstore​"

Leave a Message

Your email address will not be published.

About US

Codehunter Academy merupakan training center yang berfokus terhadap pengembangan sumber daya manusia yang siap bersaing dalam menghadapi industri 4.0 yang mana hampir semuanya tertuju pada perkembangan teknologi.

Popular Courses

Most Rated

Course Categories

  • No categories

Certificate Code

Who’s Online

There are no users currently online
top
X
Skip to toolbar